BAB II

BAGIAN TUMBUHAN

Tumbuhan termasuk dalam makhluk hidup,mengapa?

Karena tumbuhan dapat tumbuhdan berkembang.
Bagaimana tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang?
 Seperti halnya makhluk hidup lain,tumbuhan juga memiliki bagian bagianyang penting. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam proses  kehidupannya.
Bagian-bagian tersebut antaralain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.

image008

Bagian-bagian tumbuhan
AKAR
Jika kita melihat bagian tumbuhan yang berdiri di atas permukaan tanah atau permukaan air maka kita hanya melihat beberapa bagian tumbuhan saja. Akar sebagai salah satu bagian tumbuhan tidak tampak karena berada di dalam tempat tumbuhnya akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting bagi tumbuhan.Pada waktu kita menanam tanaman, jika akarnya mulai tumbuh berarti tanaman tersebut hidup dan kita bisa melihat suatu saat tanaman itu bertambah besar.
a.     Bagian-bagian akar
Akar pada tumbuhan berbunga baik yang tertanam di dalam tanah maupun di dalam air umumnya terdiri dari akar utama, kemudian dari samping akar utama ini muncul cabang akar dan di permukaan akar tersebut terdapat semacam serabut akar yang disebut rambut akar.

 

bagian akar tumbuhan

b.       Fungsi akar
 Kegunaan akar bagi tumbuhan di antaranya:
– Menguatkan berdirinya tumbuhan pada tempat tumbuhnya.
– Menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah.
– Menyimpan cadangan makanan misalnya pada umbi-umbian.
membantu penyerapan oksigen di udara, seperti pada tumbuhan bakau.
     Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut Biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil (biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan kelapa. Adapun akar tunggang biasanya dimilikioleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga,jambu, jeruk, dan kacang.
 
BATANG 
Batang merupakan bagian tumbuhan yang ada di atas tanah. Batang merupakan tempat keluarnya daun, bunga dan buah.Batang juga berperan dalam pengangkutan air dan zat makanan dari akar ke daun, batang juga berfungsi untuk mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.

Tinggalkan komentar